UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

LESSON PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Rekayasa Perangkat Lunak

JTI 018

-

3 Sks

3

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

CAPAIAN PEMBELAJARAN

LEARNING OBJECTIVES

CPL-Prodi yang dibebankan MK

Learning Objectives of Study Program Given to the Course

 

CPL03 (PENGETAHUAN)

Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin

CPL07 (KETRAMPILAN KHUSUS)

Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi.

CPL08 (SIKAP)

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

CPL10 (KETRAMPILAN UMUM)

Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Course Learning Objective

 

CPMK031 (CPL03)

Mampu menjelaskan pengertian computing dengan benar

CPMK081 (CPL08)

Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

CPMK101 (CPL10)

Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

CPMK102 (CPL10)

Mampu mengelola diri sendiri

CPMK103 (CPL10)

Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

 

SUB-CPMK0311 (CPMK031)

Kemampuan menjelaskan pengertian rekayasa perangkat lunak untuk computing dengan benar

SUB-CPMK0811 (CPMK081)

Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika.

SUB-CPMK1011 (CPMK101)

Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi merekayasa perangkat lunak dalam proyek teknologi informasi

SUB-CPMK1021 (CPMK102)

Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak

SUB-CPMK1031 (CPMK103)

Kemampuan menyajikan gagasan rekayasa perangkat lunak secara lisan dan tertulis

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective

 

Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)

 

Diskripsi Singkat MK

Course Short Description

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan dasar tahapan pengembangan rekayasa perangkat lunak (RPL) dan menekankan pada analisis perangkat lunak yang dibuat. Materi perkuliahan meliputi konsep RPL, model proses RPL, konsep pengujian perangkat lunak dan penjaminan mutu perangkat lunak. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan dapat mengimplementasikan setiap tahapan pengembangan perangkat lunak.

Bahan kajian:

Materi Pembelajaran

 

Study Material:

Learning Materials

Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut

  1. Software Engineering
  2. Software Modeling and Analysis

Pustaka

References

Utama

Main

 

Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut

1. Pressman, Roger S, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Edisi 7) , Andi Yogyakarta, 2012
2. Ian Sommerville, Software Engineering, 10th edition, Addison-Wesley, 2011
3. Nugroho, Adi, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Penerbit Andi,

Pendukung

Supporting

 

Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut

Bernd Bruegge dan Allen H. Dutoit. 2013. Object-Oriented Software Engineering Using UML, Patterns, and Java (International Edition). Pearson.

Dosen Pengampu

Lecturer

Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom

Mata Kuliah Syarat

Prerequisite

Minggu Ke

Week

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

Penilaian

Assesment

Bentuk Pembelajaran;

Metode pembelajaran;

Penugasan Mahasiswa

Learning Form;

Learning Method;

Assignment;

Materi Pembelajaran

Learning Paltform

 

Bobot Penilaian

Scoring Weight

(%)

Indikator

Indicator

Kriteria

Criteria

(1)

(2)

(3)

(4)

Tatap Muka

Face To Face

(5)

Daring

Online

(6)

(7)

(8)

1,2

Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan rekayasa perangkat lunak beserta model-model proses

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning, Small Group

E-Learning

2

2.50

3,4

Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi merekayasa perangkat lunak dalam proyek teknologi informasi

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan agile development dan prinsip praktik rekayasa perangkat lunak

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning

E-Learning

2

10.00

5,6,7

Kemampuan menjelaskan pengertian rekayasa perangkat lunak untuk computing dengan benar

Mahasiswa mampu memahami analisis kebutuhan dan pemodelan kebutuhan

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning, Small Group

E-Learning

3

40.00

8

UTS

0.00

9,10

Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak

Mahasiswa mampu menhelaskan konsep perancangan sistem dan arsitekturnya

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning, Small Group

E-Learning

3

2.50

11,12

Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak dan Kemampuan menyajikan gagasan rekayasa perangkat lunak secara lisan dan tertulis

Mahasiswa mampu mendesain level kompinen dan User Interface

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning, Small Group

E-Learning

2

15.00

13,14

Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak

mahasiswa mampu mendesaain berbasis pola

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning

E-Learning

3

2.50

15

Kemampuan menyajikan gagasan rekayasa perangkat lunak secara lisan dan tertulis dan Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika.

mahasiswa mampu mendesaain berbasis web

Tulisan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery learning

E-Learning

3

27.50

16

UAS

0.00

Total Bobot

100





UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA ASESMEN

ASSESMENT PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Rekayasa Perangkat Lunak

JTI 018

-

3 Sks

3

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

NO

CPMK

Presensi

Praktek

Presentasi

UTS

UAS

Tugas Kelompok

Total Bobot
1

CPMK031 - Mampu menjelaskan pengertian computing dengan benar

0

0

0

15

15

10

40

2

CPMK081 - Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

0

5

5

0

0

5

15

3

CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

0

5

0

5

0

0

10

4

CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri

0

5

0

5

0

0

10

5

CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

0

10

0

10

0

5

25

Total Bobot 100

 

Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:

1.     Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

2.     CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.     CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.     Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

5.     Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

6.     Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.

7.     Teknik penilaian: tes dan non-tes.

8.     Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.     Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.

10.  Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.

11.  Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.

12.  TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.