|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER LESSON PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Rekayasa Perangkat Lunak |
JTI 018 |
- |
3 Sks |
3 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
LEARNING OBJECTIVES |
CPL-Prodi yang dibebankan MK Learning Objectives of Study Program Given to the Course |
|
||||||||||||||
CPL03 (PENGETAHUAN) |
Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin |
|||||||||||||||
CPL07 (KETRAMPILAN KHUSUS) |
Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi. |
|||||||||||||||
CPL08 (SIKAP) |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
|||||||||||||||
CPL10 (KETRAMPILAN UMUM) |
Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
CPMK031 (CPL03) |
Mampu menjelaskan pengertian computing dengan benar |
|||||||||||||||
CPMK081 (CPL08) |
Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa |
|||||||||||||||
CPMK101 (CPL10) |
Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
CPMK102 (CPL10) |
Mampu mengelola diri sendiri |
|||||||||||||||
CPMK103 (CPL10) |
Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
SUB-CPMK0311 (CPMK031) |
Kemampuan menjelaskan pengertian rekayasa perangkat lunak untuk computing dengan benar |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0811 (CPMK081) |
Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika. |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1011 (CPMK101) |
Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi merekayasa perangkat lunak dalam proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1021 (CPMK102) |
Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1031 (CPMK103) |
Kemampuan menyajikan gagasan rekayasa perangkat lunak secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK Course Short Description |
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan dasar tahapan pengembangan rekayasa perangkat lunak (RPL) dan menekankan pada analisis perangkat lunak yang dibuat. Materi perkuliahan meliputi konsep RPL, model proses RPL, konsep pengujian perangkat lunak dan penjaminan mutu perangkat lunak. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan dapat mengimplementasikan setiap tahapan pengembangan perangkat lunak. |
|||||||||||||||
Bahan kajian: Materi Pembelajaran
Study Material: Learning Materials |
Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut
|
|||||||||||||||
Pustaka References |
Utama Main |
|
||||||||||||||
Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut
1. Pressman, Roger S, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Edisi 7) , Andi Yogyakarta, 2012
2. Ian Sommerville, Software Engineering, 10th edition, Addison-Wesley, 2011 3. Nugroho, Adi, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Penerbit Andi, |
||||||||||||||||
Pendukung Supporting |
|
|||||||||||||||
Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut
Bernd Bruegge dan Allen H. Dutoit. 2013. Object-Oriented Software Engineering Using UML, Patterns, and Java (International Edition). Pearson.
|
||||||||||||||||
Dosen Pengampu Lecturer |
Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom |
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat Prerequisite |
|
|||||||||||||||
Minggu Ke Week |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
Penilaian Assesment |
Bentuk Pembelajaran; Metode pembelajaran; Penugasan Mahasiswa Learning Form; Learning Method; Assignment; |
Materi Pembelajaran Learning Paltform
|
Bobot Penilaian Scoring Weight (%) |
|||||||||||
Indikator Indicator |
Kriteria Criteria |
|||||||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
Tatap Muka Face To Face (5) |
Daring Online (6) |
(7) |
(8) |
|||||||||
1,2 |
Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan rekayasa perangkat lunak beserta model-model proses |
Tulisan |
|
E-Learning |
2 |
2.50 |
|||||||||
3,4 |
Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi merekayasa perangkat lunak dalam proyek teknologi informasi |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan agile development dan prinsip praktik rekayasa perangkat lunak |
Tulisan |
|
E-Learning |
2 |
10.00 |
|||||||||
5,6,7 |
Kemampuan menjelaskan pengertian rekayasa perangkat lunak untuk computing dengan benar |
Mahasiswa mampu memahami analisis kebutuhan dan pemodelan kebutuhan |
Tulisan |
|
E-Learning |
3 |
40.00 |
|||||||||
8 |
UTS |
0.00 |
||||||||||||||
9,10 |
Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak |
Mahasiswa mampu menhelaskan konsep perancangan sistem dan arsitekturnya |
Tulisan |
|
E-Learning |
3 |
2.50 |
|||||||||
11,12 |
Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak dan Kemampuan menyajikan gagasan rekayasa perangkat lunak secara lisan dan tertulis |
Mahasiswa mampu mendesain level kompinen dan User Interface |
Tulisan |
|
E-Learning |
2 |
15.00 |
|||||||||
13,14 |
Kemampuan mengelola diri dalam merekayasa perangkat lunak |
mahasiswa mampu mendesaain berbasis pola |
Tulisan |
|
E-Learning |
3 |
2.50 |
|||||||||
15 |
Kemampuan menyajikan gagasan rekayasa perangkat lunak secara lisan dan tertulis dan Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika. |
mahasiswa mampu mendesaain berbasis web |
Tulisan |
|
E-Learning |
3 |
27.50 |
|||||||||
16 |
UAS |
0.00 |
||||||||||||||
Total Bobot |
100 |
|||||||||||||||
|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA ASESMEN ASSESMENT PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Rekayasa Perangkat Lunak |
JTI 018 |
- |
3 Sks |
3 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
(Dr. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
NO |
Presensi |
Praktek |
Presentasi |
UTS |
UAS |
Tugas Kelompok |
Total Bobot |
|||||||||
1 |
CPMK031 - Mampu menjelaskan pengertian computing dengan benar |
0 |
0 |
0 |
15 |
15 |
10 |
40 |
||||||||
2 |
CPMK081 - Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa |
0 |
5 |
5 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
3 |
CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
0 |
10 |
||||||||
4 |
CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
0 |
10 |
||||||||
5 |
CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
0 |
10 |
0 |
10 |
0 |
5 |
25 |
||||||||
Total Bobot | 100 |
Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Teknik penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.