|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER LESSON PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Jaringan Komputer Lanjut |
JTI 033 |
- |
2 Sks |
5 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Ardian Fachreza, ST., M.Kom) |
(Ardian Fachreza, ST., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
LEARNING OBJECTIVES |
CPL-Prodi yang dibebankan MK Learning Objectives of Study Program Given to the Course |
|
||||||||||||||
CPL03 (PENGETAHUAN) |
Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin |
|||||||||||||||
CPL05 (KETRAMPILAN KHUSUS) |
Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. |
|||||||||||||||
CPL07 (KETRAMPILAN KHUSUS) |
Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi. |
|||||||||||||||
CPL10 (KETRAMPILAN UMUM) |
Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
CPMK041 (CPL04) |
Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. |
|||||||||||||||
CPMK072 (CPL07) |
Mampu mengimplementasi solusi berbasis computing multi- platform. |
|||||||||||||||
CPMK091 (CPL09) |
Mampu memahami tentang etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi. |
|||||||||||||||
CPMK101 (CPL10) |
Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
CPMK102 (CPL10) |
Mampu mengelola diri sendiri |
|||||||||||||||
CPMK103 (CPL10) |
Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
SUB-CPMK0411 (CPMK041) |
Kemampuan memahami teori bidang keamanan data dan informasi dalam mendesain aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat |
|||||||||||||||
Sub-CPMK0412 (CPMK041) |
Mampu menjelaskan prinsip kerja protokol routing (OSPF, BGP, RIP) dan switching (VLAN, STP) dalam jaringan komputer |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0721 (CPMK072) |
Kemampuan mengimplementasi solusi berbasis computing multi- platform. |
|||||||||||||||
Sub-CPMK0722 (CPMK072) |
Mampu mengkonfigurasi perangkat jaringan (router, switch, firewall) untuk membangun jaringan yang kompleks |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0911 (CPMK091) |
Kemampuan memahami tentang etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi terkhususnya adalah keamanan data dan informasi |
|||||||||||||||
Sub-CPMK0912 (CPMK091) |
Mampu menganalisis dampak sosial dan etika dari teknologi jaringan |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1011 (CPMK101) |
Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi menentukan jenis keamanan data dan informasi dalam proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
Sub-CPMK1012 (CPMK101) |
Mampu memimpin tim dalam merancang dan mengimplementasikan proyek jaringan |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1021 (CPMK102) |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami keamanan data dan informasi |
|||||||||||||||
Sub-CPMK1022 (CPMK102) |
Mampu merencanakan dan mengelola waktu secara efektif dalam menyelesaikan tugas-tugas terkait jaringan |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1031 (CPMK103) |
Kemampuan menyajikan gagasan keamanan data dan informasi secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK Course Short Description |
|
|||||||||||||||
Bahan kajian: Materi Pembelajaran
Study Material: Learning Materials |
Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut
|
|||||||||||||||
Pustaka References |
Utama Main |
|
||||||||||||||
Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut |
||||||||||||||||
Pendukung Supporting |
|
|||||||||||||||
Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut |
||||||||||||||||
Dosen Pengampu Lecturer |
Ardian Fachreza, ST., M.Kom |
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat Prerequisite |
Jaringan Komputer >= D |
|||||||||||||||
Minggu Ke Week |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
Penilaian Assesment |
Bentuk Pembelajaran; Metode pembelajaran; Penugasan Mahasiswa Learning Form; Learning Method; Assignment; |
Materi Pembelajaran Learning Paltform
|
Bobot Penilaian Scoring Weight (%) |
|||||||||||
Indikator Indicator |
Kriteria Criteria |
|||||||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
Tatap Muka Face To Face (5) |
Daring Online (6) |
(7) |
(8) |
|||||||||
1,2 |
Memahami fungsi dan peranan router didalam jaringan WANs |
Menguraikan fungsi utama dan peranan router dalam jaringan komputer WAN dengan tepat |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
6.25 |
|||||||||
3,4 |
Memahami konfigurasi awal Router Cisco |
Menguraikan langkah-langkah konfigurasi dasar dari Router Cisco sesuai standar dengan tepat |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
4 |
22.50 |
|||||||||
5,6 |
Memahami konsep routing protokol |
Menguraikan konsep routing dan menjelaskan tentang routing protokol beserta cara kerja dari kategori routing statik dan routing dinamik dengan benar |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
30.00 |
|||||||||
7 |
Memahami konsep routing protokol Distance Protokol |
Menguraikan cara kerja routing protokol Distance Vector beserta fungsi-fungsi nya, serta menjelaskan keunggulan dan kekurangannya secara benar |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
10.00 |
|||||||||
8 |
UTS |
0.00 |
||||||||||||||
9,10 |
Memahami konsep routing protokol RIP dan cara konfigurasinya |
Menguraikan cara kerja routing protokol RIP dan dapat melakukan konfigurasinya secara tepat |
Ketepatan dalam memahami dasar-dasar jaringan nirkabel |
|
elearning |
4 |
12.50 |
|||||||||
11,12 |
Memahami konsep routing protokol Single Area OSPF dan cara konfigurasinya |
Memahami konsep routing protokol Multiarea OSPF dan cara konfigurasinya |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
4 |
6.25 |
|||||||||
13,14 |
Memahami konsep routing protokol EIGRP dan cara konfigurasinya |
Menguraikan cara kerja routing protokol EIGRP dan dapat melakukan konfigurasinya secara tepat |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
4 |
6.25 |
|||||||||
15 |
Memahami konsep ACL dan konfigurasinya |
Menguraikan fungsi dan cara kerja ACL, beserta penggunaannya dan dapat melakukan konfigurasinya dalam router Cisco secara tepat |
Ketepatan dalam memahami dasar-dasar jaringan nirkabel |
|
elearning |
3 |
6.25 |
|||||||||
16 |
UAS |
0.00 |
||||||||||||||
Total Bobot |
100 |
|||||||||||||||
|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA ASESMEN ASSESMENT PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Jaringan Komputer Lanjut |
JTI 033 |
- |
2 Sks |
5 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Ardian Fachreza, ST., M.Kom) |
(Ardian Fachreza, ST., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
NO |
Presensi |
Praktek |
Presentasi |
UTS |
UAS |
Tugas Kelompok |
Total Bobot |
|||||||||
1 |
CPMK041 - Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. |
0 |
0 |
0 |
10 |
10 |
5 |
25 |
||||||||
2 |
CPMK072 - Mampu mengimplementasi solusi berbasis computing multi- platform. |
0 |
10 |
0 |
10 |
0 |
0 |
20 |
||||||||
3 |
CPMK091 - Mampu memahami tentang etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi. |
0 |
10 |
5 |
0 |
0 |
5 |
20 |
||||||||
4 |
CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
0 |
10 |
||||||||
5 |
CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
0 |
10 |
||||||||
6 |
CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
Total Bobot | 100 |
Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Teknik penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.