UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

LESSON PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Jaringan Komputer Lanjut

JTI 033

-

2 Sks

5

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Ardian Fachreza, ST., M.Kom)

 

(Ardian Fachreza, ST., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

CAPAIAN PEMBELAJARAN

LEARNING OBJECTIVES

CPL-Prodi yang dibebankan MK

Learning Objectives of Study Program Given to the Course

 

CPL03 (PENGETAHUAN)

Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin

CPL05 (KETRAMPILAN KHUSUS)

Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.

CPL07 (KETRAMPILAN KHUSUS)

Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi.

CPL10 (KETRAMPILAN UMUM)

Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Course Learning Objective

 

CPMK041 (CPL04)

Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

CPMK072 (CPL07)

Mampu mengimplementasi solusi berbasis computing multi- platform.

CPMK091 (CPL09)

Mampu memahami tentang etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi.

CPMK101 (CPL10)

Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

CPMK102 (CPL10)

Mampu mengelola diri sendiri

CPMK103 (CPL10)

Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

 

SUB-CPMK0411 (CPMK041)

Kemampuan memahami teori bidang keamanan data dan informasi dalam mendesain aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat

Sub-CPMK0412 (CPMK041)

Mampu menjelaskan prinsip kerja protokol routing (OSPF, BGP, RIP) dan switching (VLAN, STP) dalam jaringan komputer

SUB-CPMK0721 (CPMK072)

Kemampuan mengimplementasi solusi berbasis computing multi- platform.

Sub-CPMK0722 (CPMK072)

Mampu mengkonfigurasi perangkat jaringan (router, switch, firewall) untuk membangun jaringan yang kompleks

SUB-CPMK0911 (CPMK091)

Kemampuan memahami tentang etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi terkhususnya adalah keamanan data dan informasi

Sub-CPMK0912 (CPMK091)

Mampu menganalisis dampak sosial dan etika dari teknologi jaringan

SUB-CPMK1011 (CPMK101)

Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi menentukan jenis keamanan data dan informasi dalam proyek teknologi informasi

Sub-CPMK1012 (CPMK101)

Mampu memimpin tim dalam merancang dan mengimplementasikan proyek jaringan

SUB-CPMK1021 (CPMK102)

Kemampuan mengelola diri dalam memahami keamanan data dan informasi

Sub-CPMK1022 (CPMK102)

Mampu merencanakan dan mengelola waktu secara efektif dalam menyelesaikan tugas-tugas terkait jaringan

SUB-CPMK1031 (CPMK103)

Kemampuan menyajikan gagasan keamanan data dan informasi secara lisan dan tertulis

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective

 

Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)

 

Diskripsi Singkat MK

Course Short Description

Bahan kajian:

Materi Pembelajaran

 

Study Material:

Learning Materials

Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut

  1. Computer Networks
  2. Networking and Communications
  3. Virtual Systems and Services

Pustaka

References

Utama

Main

 

Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut

Pendukung

Supporting

 

Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut


Dosen Pengampu

Lecturer

Ardian Fachreza, ST., M.Kom

Mata Kuliah Syarat

Prerequisite

Jaringan Komputer >= D

Minggu Ke

Week

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

Penilaian

Assesment

Bentuk Pembelajaran;

Metode pembelajaran;

Penugasan Mahasiswa

Learning Form;

Learning Method;

Assignment;

Materi Pembelajaran

Learning Paltform

 

Bobot Penilaian

Scoring Weight

(%)

Indikator

Indicator

Kriteria

Criteria

(1)

(2)

(3)

(4)

Tatap Muka

Face To Face

(5)

Daring

Online

(6)

(7)

(8)

1,2

Memahami fungsi dan peranan router didalam jaringan WANs

Menguraikan fungsi utama dan peranan router dalam jaringan komputer WAN dengan tepat

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

6.25

3,4

Memahami konfigurasi awal Router Cisco

Menguraikan langkah-langkah konfigurasi dasar dari Router Cisco sesuai standar dengan tepat

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

4

22.50

5,6

Memahami konsep routing protokol

Menguraikan konsep routing dan menjelaskan tentang routing protokol beserta cara kerja dari kategori routing statik dan routing dinamik dengan benar

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

30.00

7

Memahami konsep routing protokol Distance Protokol

Menguraikan cara kerja routing protokol Distance Vector beserta fungsi-fungsi nya, serta menjelaskan keunggulan dan kekurangannya secara benar

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

10.00

8

UTS

0.00

9,10

Memahami konsep routing protokol RIP dan cara konfigurasinya

Menguraikan cara kerja routing protokol RIP dan dapat melakukan konfigurasinya secara tepat

Ketepatan dalam memahami dasar-dasar jaringan nirkabel

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

4

12.50

11,12

Memahami konsep routing protokol Single Area OSPF dan cara konfigurasinya

Memahami konsep routing protokol Multiarea OSPF dan cara konfigurasinya

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

4

6.25

13,14

Memahami konsep routing protokol EIGRP dan cara konfigurasinya

Menguraikan cara kerja routing protokol EIGRP dan dapat melakukan konfigurasinya secara tepat

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

4

6.25

15

Memahami konsep ACL dan konfigurasinya

Menguraikan fungsi dan cara kerja ACL, beserta penggunaannya dan dapat melakukan konfigurasinya dalam router Cisco secara tepat

Ketepatan dalam memahami dasar-dasar jaringan nirkabel

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

3

6.25

16

UAS

0.00

Total Bobot

100





UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA ASESMEN

ASSESMENT PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Jaringan Komputer Lanjut

JTI 033

-

2 Sks

5

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Ardian Fachreza, ST., M.Kom)

 

(Ardian Fachreza, ST., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

NO

CPMK

Presensi

Praktek

Presentasi

UTS

UAS

Tugas Kelompok

Total Bobot
1

CPMK041 - Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

0

0

0

10

10

5

25

2

CPMK072 - Mampu mengimplementasi solusi berbasis computing multi- platform.

0

10

0

10

0

0

20

3

CPMK091 - Mampu memahami tentang etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi.

0

10

5

0

0

5

20

4

CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

0

5

0

5

0

0

10

5

CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri

0

5

0

5

0

0

10

6

CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

0

5

0

5

0

5

15

Total Bobot 100

 

Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:

1.     Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

2.     CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.     CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.     Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

5.     Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

6.     Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.

7.     Teknik penilaian: tes dan non-tes.

8.     Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.     Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.

10.  Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.

11.  Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.

12.  TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.