|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER LESSON PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Logika Informatika |
JTI 063 |
- |
3 Sks |
1 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Ardian Fachreza, ST., M.Kom) |
(Agung Riyantomo, ST., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
LEARNING OBJECTIVES |
CPL-Prodi yang dibebankan MK Learning Objectives of Study Program Given to the Course |
|
||||||||||||||
CPL02 (PENGETAHUAN) |
Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi. |
|||||||||||||||
CPL05 (KETRAMPILAN KHUSUS) |
Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. |
|||||||||||||||
CPL08 (SIKAP) |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
|||||||||||||||
CPL10 (KETRAMPILAN UMUM) |
Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
CPMK021 (CPL02) |
Mampu memahami cara kerja sistem komputer |
|||||||||||||||
CPMK051 (CPL05) |
Mampu menganalisis dan mendesain kebutuhan computing dengan benar. |
|||||||||||||||
CPMK081 (CPL08) |
Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa |
|||||||||||||||
CPMK101 (CPL10) |
Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
CPMK102 (CPL10) |
Mampu mengelola diri sendiri |
|||||||||||||||
CPMK103 (CPL10) |
Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
SUB-CPMK0211 (CPMK021) |
Kemampuan untuk memahami Logika Informatika pada sistem komputer |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0511 (CPMK051) |
Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk merancang logika informatika dengan benar. |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0811 (CPMK081) |
Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika. |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1011 (CPMK101) |
Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam menentukan logika informatika pada teknologi informasi |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1021 (CPMK102) |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1031 (CPMK103) |
Kemampuan menyajikan gagasan logika informatika secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK Course Short Description |
Mata Kuliah ini membahas tentang proposisi atom, proposisi majemuk, validitas sebuah kesimpulan, logika entailment, prinsip resolusi, relasional logic, terjemahan First Order Logic, Pembuktian dengan First Order Logic |
|||||||||||||||
Bahan kajian: Materi Pembelajaran
Study Material: Learning Materials |
Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut
|
|||||||||||||||
Pustaka References |
Utama Main |
|
||||||||||||||
Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut |
||||||||||||||||
Pendukung Supporting |
|
|||||||||||||||
Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut |
||||||||||||||||
Dosen Pengampu Lecturer |
Ardian Fachreza, ST., M.Kom |
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat Prerequisite |
|
|||||||||||||||
Minggu Ke Week |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
Penilaian Assesment |
Bentuk Pembelajaran; Metode pembelajaran; Penugasan Mahasiswa Learning Form; Learning Method; Assignment; |
Materi Pembelajaran Learning Paltform
|
Bobot Penilaian Scoring Weight (%) |
|||||||||||
Indikator Indicator |
Kriteria Criteria |
|||||||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
Tatap Muka Face To Face (5) |
Daring Online (6) |
(7) |
(8) |
|||||||||
1 |
Kemampuan untuk memahami Logika Informatika pada sistem komputer |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian logika, sejarah dan macam-macam logika |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
11.75 |
|||||||||
2 |
Kemampuan untuk memahami Logika Informatika pada sistem komputer |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam logika informatika |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
3.57 |
|||||||||
3 |
Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk merancang logika informatika dengan benar. |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian argument dan validitas argument |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
8.93 |
|||||||||
4 |
Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk merancang logika informatika dengan benar. |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang logika proposisi dan operator logika |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
5.14 |
|||||||||
5 |
Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika. |
Mahasiswa mampu |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
5.14 |
|||||||||
6 |
Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam menentukan logika informatika pada teknologi informasi |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguraikan proposisi majemuk |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
3.57 |
|||||||||
7 |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian tatologi |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
10.18 |
|||||||||
9 |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian himpunan, relasi dan fungsi bagian |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
11.75 |
|||||||||
10 |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian himpunan, relasi dan fungsi bagian |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
3.93 |
|||||||||
11 |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian metode penyederhanaan |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
9.64 |
|||||||||
12 |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian metode penyederhanaan |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
3.93 |
|||||||||
13 |
Kemampuan mengelola diri dalam memahami algoritma informatika |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian metode penyederhanaan |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
13.75 |
|||||||||
14 |
Kemampuan menyajikan gagasan logika informatika secara lisan dan tertulis |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian logika predikat |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
5.14 |
|||||||||
15 |
Kemampuan menyajikan gagasan logika informatika secara lisan dan tertulis |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian logika predikat |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
3 |
3.57 |
|||||||||
16 |
Ujian Akhir Semester |
0.00 |
||||||||||||||
Total Bobot |
100 |
|||||||||||||||
|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA ASESMEN ASSESMENT PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Logika Informatika |
JTI 063 |
- |
3 Sks |
1 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Ardian Fachreza, ST., M.Kom) |
(Agung Riyantomo, ST., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
NO |
Presensi |
Praktek |
Presentasi |
UTS |
UAS |
Tugas Kelompok |
Total Bobot |
|||||||||
1 |
CPMK021 - Mampu memahami cara kerja sistem komputer |
0 |
0 |
0 |
5 |
5 |
5 |
15 |
||||||||
2 |
CPMK051 - Mampu menganalisis dan mendesain kebutuhan computing dengan benar. |
0 |
10 |
0 |
10 |
10 |
5 |
35 |
||||||||
3 |
CPMK081 - Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa |
0 |
5 |
5 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
4 |
CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
0 |
10 |
||||||||
5 |
CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
0 |
10 |
||||||||
6 |
CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
0 |
5 |
0 |
5 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
Total Bobot | 100 |
Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Teknik penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.