|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER LESSON PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Bahasa Inggris |
JTI 059 |
- |
2 Sks |
1 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Dr. Indah Hartati, ST., MT) |
(Dr. Indah Hartati, ST., MT) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
LEARNING OBJECTIVES |
CPL-Prodi yang dibebankan MK Learning Objectives of Study Program Given to the Course |
|
||||||||||||||
CPL08 (SIKAP) |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
|||||||||||||||
CPL10 (KETRAMPILAN UMUM) |
Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
CPMK081 (CPL08) |
Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa |
|||||||||||||||
CPMK101 (CPL10) |
Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
CPMK102 (CPL10) |
Mampu mengelola diri sendiri |
|||||||||||||||
CPMK103 (CPL10) |
Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
SUB-CPMK0811 (CPMK081) |
Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika. |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1011 (CPMK101) |
Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam berbahasa inggris pada proyek teknologi informasi |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1021 (CPMK102) |
Kemampuan mengelola diri dalam menyampaikan dalam bahasa inggris |
|||||||||||||||
SUB-CPMK1031 (CPMK103) |
Kemampuan menyajikan gagasan bahasa inggris secara lisan dan tertulis |
|||||||||||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK Course Short Description |
Mata kuliah ini membahas materi TOEFL yang mencakup Listening Comprehension, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa memahami materi TOEFL dan mampu mengerjakan soal-soal TOEFL sesuai skor yang diharapkan |
|||||||||||||||
Bahan kajian: Materi Pembelajaran
Study Material: Learning Materials |
Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut
|
|||||||||||||||
Pustaka References |
Utama Main |
|
||||||||||||||
Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut
1. Betty Schrampfer Azar, Basic English Grammar, Pearson Longman, 2009
2. Barbara H Foley, The Heinle Picture Dictionary. Thomson Heinle, 2004 |
||||||||||||||||
Pendukung Supporting |
|
|||||||||||||||
Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut |
||||||||||||||||
Dosen Pengampu Lecturer |
Dr. Indah Hartati, ST., MT |
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat Prerequisite |
|
|||||||||||||||
Minggu Ke Week |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
Penilaian Assesment |
Bentuk Pembelajaran; Metode pembelajaran; Penugasan Mahasiswa Learning Form; Learning Method; Assignment; |
Materi Pembelajaran Learning Paltform
|
Bobot Penilaian Scoring Weight (%) |
|||||||||||
Indikator Indicator |
Kriteria Criteria |
|||||||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
Tatap Muka Face To Face (5) |
Daring Online (6) |
(7) |
(8) |
|||||||||
1 |
Mahasiswa mampu memperkenalkan diri dan orang lain dalam Bahasa Inggris pada situasi formal dan informa |
Mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dalam Bahasa Inggris menggunakan frase yang tepat dan diterima |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
7.50 |
|||||||||
2 |
Mahasiswa mampu mengemukakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari dalam Bahasa Inggris |
Mampu menyampaikan kegiatan yang dilakukan seharihari dalam Bahasa Inggris secara baik dan benar (Preposition) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
7.50 |
|||||||||
3 |
Mahasiswa mampu memberikan opini dalam Bahasa Inggris |
Mampu memberikan opini dalam Bahasa Inggris (Possesive adjective and pronouns) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
7.50 |
|||||||||
4 |
Mahasiswa mampu menggunakan modal auxiliaries dalam susunan kalimat dengan tepat |
Mampu menggunakan modal auxliiaries dalam susunan kalimat dengan tepat (Passive voice) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
7.50 |
|||||||||
5 |
Mahasiswa mampu menyampaikan peristiwa atau kegiatan yang telah terjadi di masa lampau dalam Bahasa Inggris dengan susunan kalimat yang tepat |
Mampu menyampaikan peristiwa atau aktifitas yang terjadi di masa lampau dalam Bahasa Inggris dengan susunan kalimat yang tepat |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
6.67 |
|||||||||
6 |
Mahasiswa mampu menggunakan kata dan frase yang tepat dalam perbandingan berbahasa Inggris |
Mampu menggunakan kata dan frase yang tepat dalam perbandingan berbahasa Inggris (Comparative and Superlative) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
6.67 |
|||||||||
7 |
Mahasiswa mampu menyampaikan peristiwa atau aktifitas yang sedang berlangsung |
Mampu menyampaikan peristiwa atau aktifitas yang sedang berlangsung (Structure: grammar for toefl prep) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
6.67 |
|||||||||
8 |
UTS |
0.00 |
||||||||||||||
9 |
Mahasiswa mampu menyampaikan aktifitas yang akan dilakukan di masa yang akan datang dalam Bahasa Inggris |
Mampu menyampaikan aktifitas yang akan dilakukan di masa yang akan datang dalam Bahasa Inggris (Writing: traveling, group assignment) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
5.00 |
|||||||||
10 |
Mahasiswa mampu menyampaikan aktifitas yang telah dilakukan dan masih berjalan dalam Bahasa Inggris |
Mampu menyampaikan aktifitas yang telah dilakukan dan masih berjalan dalam Bahasa Inggris (Conditional sentences) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
5.00 |
|||||||||
11 |
Mahasiswa mampu menyampaikan kegiatan yang pernah dilakukan pada durasi terentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris |
mampu menyampaikan kegiatan yang pernah dilakukan pada durasi terentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris (Adjective clause) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
5.00 |
|||||||||
12 |
Mahasiswa mampu menyampaikan aktifitas yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris |
Mampu menyampaikan aktifitas yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris (Sentences) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
5.00 |
|||||||||
13 |
Mahasiswa mampu memahami kosa kata Bahasa Inggris yang terkait dengan Business and Law |
Mampu memahami kosa kata Bahasa Inggris yang terkait dengan Business and Law (Quiz) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
10.00 |
|||||||||
14 |
Mahasiswa mampu memahami article berbahasa Inggris terkait dengan Business and Law |
Mampu memahami article berbahasa Inggris terkait dengan Business and Law (Gerund) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
10.00 |
|||||||||
15 |
Mahasiswa mampu memahami semua materi yang dipelajari selama perkuliahan |
Mampu memahami article berbahasa Inggris (Grammar focus: future tense) |
Ketepatan dan penguasaan |
|
elearning |
2 |
10.00 |
|||||||||
16 |
UAS |
0.00 |
||||||||||||||
Total Bobot |
100 |
|||||||||||||||
|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA ASESMEN ASSESMENT PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 01-Sep-2023 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Bahasa Inggris |
JTI 059 |
- |
2 Sks |
1 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Dr. Indah Hartati, ST., MT) |
(Dr. Indah Hartati, ST., MT) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
NO |
Presensi |
Praktek |
Presentasi |
UTS |
UAS |
Tugas Kelompok |
Total Bobot |
|||||||||
1 |
CPMK081 - Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa |
0 |
10 |
10 |
0 |
0 |
10 |
30 |
||||||||
2 |
CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi |
0 |
10 |
0 |
10 |
0 |
0 |
20 |
||||||||
3 |
CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri |
0 |
10 |
0 |
10 |
0 |
0 |
20 |
||||||||
4 |
CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis |
0 |
10 |
0 |
10 |
0 |
10 |
30 |
||||||||
Total Bobot | 100 |
Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Teknik penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.