UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

LESSON PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Bahasa Inggris

JTI 059

-

2 Sks

1

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Indah Hartati, ST., MT)

 

(Dr. Indah Hartati, ST., MT)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

CAPAIAN PEMBELAJARAN

LEARNING OBJECTIVES

CPL-Prodi yang dibebankan MK

Learning Objectives of Study Program Given to the Course

 

CPL08 (SIKAP)

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

CPL10 (KETRAMPILAN UMUM)

Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Course Learning Objective

 

CPMK081 (CPL08)

Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

CPMK101 (CPL10)

Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

CPMK102 (CPL10)

Mampu mengelola diri sendiri

CPMK103 (CPL10)

Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

 

SUB-CPMK0811 (CPMK081)

Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika.

SUB-CPMK1011 (CPMK101)

Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam berbahasa inggris pada proyek teknologi informasi

SUB-CPMK1021 (CPMK102)

Kemampuan mengelola diri dalam menyampaikan dalam bahasa inggris

SUB-CPMK1031 (CPMK103)

Kemampuan menyajikan gagasan bahasa inggris secara lisan dan tertulis

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective

 

Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)

 

Diskripsi Singkat MK

Course Short Description

Mata kuliah ini membahas materi TOEFL yang mencakup Listening Comprehension, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa memahami materi TOEFL dan mampu mengerjakan soal-soal TOEFL sesuai skor yang diharapkan

Bahan kajian:

Materi Pembelajaran

 

Study Material:

Learning Materials

Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut

  1. Pengembangan Diri

Pustaka

References

Utama

Main

 

Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut

1. Betty Schrampfer Azar, Basic English Grammar, Pearson Longman, 2009
2. Barbara H Foley, The Heinle Picture Dictionary. Thomson Heinle, 2004

Pendukung

Supporting

 

Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut


Dosen Pengampu

Lecturer

Dr. Indah Hartati, ST., MT

Mata Kuliah Syarat

Prerequisite

Minggu Ke

Week

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

Penilaian

Assesment

Bentuk Pembelajaran;

Metode pembelajaran;

Penugasan Mahasiswa

Learning Form;

Learning Method;

Assignment;

Materi Pembelajaran

Learning Paltform

 

Bobot Penilaian

Scoring Weight

(%)

Indikator

Indicator

Kriteria

Criteria

(1)

(2)

(3)

(4)

Tatap Muka

Face To Face

(5)

Daring

Online

(6)

(7)

(8)

1

Mahasiswa mampu memperkenalkan diri dan orang lain dalam Bahasa Inggris pada situasi formal dan informa

Mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dalam Bahasa Inggris menggunakan frase yang tepat dan diterima

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

7.50

2

Mahasiswa mampu mengemukakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari dalam Bahasa Inggris

Mampu menyampaikan kegiatan yang dilakukan seharihari dalam Bahasa Inggris secara baik dan benar (Preposition)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

7.50

3

Mahasiswa mampu memberikan opini dalam Bahasa Inggris

Mampu memberikan opini dalam Bahasa Inggris (Possesive adjective and pronouns)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

7.50

4

Mahasiswa mampu menggunakan modal auxiliaries dalam susunan kalimat dengan tepat

Mampu menggunakan modal auxliiaries dalam susunan kalimat dengan tepat (Passive voice)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

7.50

5

Mahasiswa mampu menyampaikan peristiwa atau kegiatan yang telah terjadi di masa lampau dalam Bahasa Inggris dengan susunan kalimat yang tepat

Mampu menyampaikan peristiwa atau aktifitas yang terjadi di masa lampau dalam Bahasa Inggris dengan susunan kalimat yang tepat

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

6.67

6

Mahasiswa mampu menggunakan kata dan frase yang tepat dalam perbandingan berbahasa Inggris

Mampu menggunakan kata dan frase yang tepat dalam perbandingan berbahasa Inggris (Comparative and Superlative)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

2

6.67

7

Mahasiswa mampu menyampaikan peristiwa atau aktifitas yang sedang berlangsung

Mampu menyampaikan peristiwa atau aktifitas yang sedang berlangsung (Structure: grammar for toefl prep)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

2

6.67

8

UTS

0.00

9

Mahasiswa mampu menyampaikan aktifitas yang akan dilakukan di masa yang akan datang dalam Bahasa Inggris

Mampu menyampaikan aktifitas yang akan dilakukan di masa yang akan datang dalam Bahasa Inggris (Writing: traveling, group assignment)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

5.00

10

Mahasiswa mampu menyampaikan aktifitas yang telah dilakukan dan masih berjalan dalam Bahasa Inggris

Mampu menyampaikan aktifitas yang telah dilakukan dan masih berjalan dalam Bahasa Inggris (Conditional sentences)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

5.00

11

Mahasiswa mampu menyampaikan kegiatan yang pernah dilakukan pada durasi terentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris

mampu menyampaikan kegiatan yang pernah dilakukan pada durasi terentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris (Adjective clause)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

5.00

12

Mahasiswa mampu menyampaikan aktifitas yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris

Mampu menyampaikan aktifitas yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu dalam Bahasa Inggris (Sentences)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

2

5.00

13

Mahasiswa mampu memahami kosa kata Bahasa Inggris yang terkait dengan Business and Law

Mampu memahami kosa kata Bahasa Inggris yang terkait dengan Business and Law (Quiz)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

2

10.00

14

Mahasiswa mampu memahami article berbahasa Inggris terkait dengan Business and Law

Mampu memahami article berbahasa Inggris terkait dengan Business and Law (Gerund)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

2

10.00

15

Mahasiswa mampu memahami semua materi yang dipelajari selama perkuliahan

Mampu memahami article berbahasa Inggris (Grammar focus: future tense)

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

2

10.00

16

UAS

0.00

Total Bobot

100





UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA ASESMEN

ASSESMENT PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Bahasa Inggris

JTI 059

-

2 Sks

1

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Indah Hartati, ST., MT)

 

(Dr. Indah Hartati, ST., MT)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

NO

CPMK

Presensi

Praktek

Presentasi

UTS

UAS

Tugas Kelompok

Total Bobot
1

CPMK081 - Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

0

10

10

0

0

10

30

2

CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

0

10

0

10

0

0

20

3

CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri

0

10

0

10

0

0

20

4

CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

0

10

0

10

0

10

30

Total Bobot 100

 

Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:

1.     Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

2.     CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.     CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.     Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

5.     Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

6.     Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.

7.     Teknik penilaian: tes dan non-tes.

8.     Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.     Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.

10.  Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.

11.  Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.

12.  TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.