UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

LESSON PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

17-Feb-2025

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Tugas Akhir

JTI 046

-

6 Sks

8

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

CAPAIAN PEMBELAJARAN

LEARNING OBJECTIVES

CPL-Prodi yang dibebankan MK

Learning Objectives of Study Program Given to the Course

 

CPL01 (SIKAP)

Mengintegrasikan dan mengedepankan nilai islam yang tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran)

CPL06 (KETRAMPILAN KHUSUS)

Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin.

CPL11 (KETRAMPILAN UMUM)

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau artikel ilmiah.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Course Learning Objective

 

CPMK011 (CPL01)

Mampu memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran)

CPMK012 (CPL01)

Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran)

CPMK0111 (CPL01)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

CPMK0112 (CPL01)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah

CPMK061 (CPL06)

Mampu menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin.

CPMK063 (CPL06)

Mampu mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif

Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

 

SUB-CPMK0111 (CPMK011)

Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya

SUB-CPMK01111 (CPMK0111)

Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

SUB-CPMK01121 (CPMK0112)

Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah

SUB-CPMK0121 (CPMK012)

Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya

SUB-CPMK0611 (CPMK061)

Kemampuan menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin dalam mengerjakan penelitian atau tugas akhir

SUB-CPMK0631 (CPMK063)

Kemampuan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif pada tugas akhirnya

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective

 

Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)

 

Diskripsi Singkat MK

Course Short Description

Bahan kajian:

Materi Pembelajaran

 

Study Material:

Learning Materials

Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut

  1. Keaswajaan
  2. Pengembangan Diri
  3. Metodologi Penelitian

Pustaka

References

Utama

Main

 

Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut

Buku Panduan Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Wahid Hasyim

Pendukung

Supporting

 

Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut


Dosen Pengampu

Lecturer

Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom

Mata Kuliah Syarat

Prerequisite

Riset Teknologi Informasi >= C

Minggu Ke

Week

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

Penilaian

Assesment

Bentuk Pembelajaran;

Metode pembelajaran;

Penugasan Mahasiswa

Learning Form;

Learning Method;

Assignment;

Materi Pembelajaran

Learning Paltform

 

Bobot Penilaian

Scoring Weight

(%)

Indikator

Indicator

Kriteria

Criteria

(1)

(2)

(3)

(4)

Tatap Muka

Face To Face

(5)

Daring

Online

(6)

(7)

(8)

1

Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya serta Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

Mahasiswa mampu mengajukan topik penelitian TA

Ketepatan menjelaskan

  • Bentuk : Diskusi, Mandiri
  • Metode : Small Group Discussion

https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/

1

6.00

2

Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir serta Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya

Mahasiswa mampu mencari literatur penelitian sebelumnya dan dasar teori

Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan

  • Bentuk : Diskusi, Mandiri
  • Metode : Small Group Discussion

https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/

1

9.75

3,4,5,6,7,8,9,10

Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya serta Kemampuan menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin dalam mengerjakan penelitian atau tugas akhir

Mahasiswa mampu mengerjakan pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, analisa dan perancangan, hasil dan pembahasan penelitian Tugas Akhir

Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan

  • Bentuk : Diskusi, Mandiri
  • Metode : Small Group Discussion

https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/

1

17.25

11,12,13

Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin dalam mengerjakan penelitian atau tugas akhir serta Kemampuan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif pada tugas akhirnya

Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil penelitian TA

Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan

  • Bentuk : Diskusi, Mandiri
  • Metode : Small Group Discussion

https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/

1

42.25

14,15,16

Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya serta Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah

Mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah mengenai penelitian Tugas Akhirnya

Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan

  • Bentuk : Diskusi, Mandiri, Presentasi
  • Metode : Small Group Discussion

https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/

1

24.75

Total Bobot

100





UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA ASESMEN

ASSESMENT PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

17-Feb-2025

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Tugas Akhir

JTI 046

-

6 Sks

8

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

NO

CPMK

Presensi

Praktek

Presentasi

UTS

UAS

Tugas Kelompok

Total Bobot
1

CPMK011 - Mampu memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran)

0

5

5

0

0

5

15

2

CPMK0111 - Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir

0

5

5

0

0

5

15

3

CPMK0112 - Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah

0

5

5

0

0

5

15

4

CPMK012 - Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran)

0

5

5

0

0

5

15

5

CPMK061 - Mampu menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin.

0

10

0

0

0

5

15

6

CPMK063 - Mampu mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif

0

10

10

0

0

5

25

Total Bobot 100

 

Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:

1.     Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

2.     CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.     CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.     Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

5.     Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

6.     Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.

7.     Teknik penilaian: tes dan non-tes.

8.     Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.     Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.

10.  Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.

11.  Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.

12.  TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.