|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER LESSON PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 17-Feb-2025 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Tugas Akhir |
JTI 046 |
- |
6 Sks |
8 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
LEARNING OBJECTIVES |
CPL-Prodi yang dibebankan MK Learning Objectives of Study Program Given to the Course |
|
||||||||||||||
CPL01 (SIKAP) |
Mengintegrasikan dan mengedepankan nilai islam yang tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) |
|||||||||||||||
CPL06 (KETRAMPILAN KHUSUS) |
Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. |
|||||||||||||||
CPL11 (KETRAMPILAN UMUM) |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau artikel ilmiah. |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
CPMK011 (CPL01) |
Mampu memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) |
|||||||||||||||
CPMK012 (CPL01) |
Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) |
|||||||||||||||
CPMK0111 (CPL01) |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir |
|||||||||||||||
CPMK0112 (CPL01) |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah |
|||||||||||||||
CPMK061 (CPL06) |
Mampu menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. |
|||||||||||||||
CPMK063 (CPL06) |
Mampu mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif |
|||||||||||||||
Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
SUB-CPMK0111 (CPMK011) |
Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya |
|||||||||||||||
SUB-CPMK01111 (CPMK0111) |
Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir |
|||||||||||||||
SUB-CPMK01121 (CPMK0112) |
Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0121 (CPMK012) |
Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0611 (CPMK061) |
Kemampuan menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin dalam mengerjakan penelitian atau tugas akhir |
|||||||||||||||
SUB-CPMK0631 (CPMK063) |
Kemampuan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif pada tugas akhirnya |
|||||||||||||||
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective |
|
|||||||||||||||
Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK Course Short Description |
|
|||||||||||||||
Bahan kajian: Materi Pembelajaran
Study Material: Learning Materials |
Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut
|
|||||||||||||||
Pustaka References |
Utama Main |
|
||||||||||||||
Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut
Buku Panduan Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Wahid Hasyim
|
||||||||||||||||
Pendukung Supporting |
|
|||||||||||||||
Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut |
||||||||||||||||
Dosen Pengampu Lecturer |
Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom |
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat Prerequisite |
Riset Teknologi Informasi >= C |
|||||||||||||||
Minggu Ke Week |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub Course Learning Objective |
Penilaian Assesment |
Bentuk Pembelajaran; Metode pembelajaran; Penugasan Mahasiswa Learning Form; Learning Method; Assignment; |
Materi Pembelajaran Learning Paltform
|
Bobot Penilaian Scoring Weight (%) |
|||||||||||
Indikator Indicator |
Kriteria Criteria |
|||||||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
Tatap Muka Face To Face (5) |
Daring Online (6) |
(7) |
(8) |
|||||||||
1 |
Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya serta Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir |
Mahasiswa mampu mengajukan topik penelitian TA |
Ketepatan menjelaskan |
|
https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/ |
1 |
6.00 |
|||||||||
2 |
Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir serta Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya |
Mahasiswa mampu mencari literatur penelitian sebelumnya dan dasar teori |
Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan |
|
https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/ |
1 |
9.75 |
|||||||||
3,4,5,6,7,8,9,10 |
Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya serta Kemampuan menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin dalam mengerjakan penelitian atau tugas akhir |
Mahasiswa mampu mengerjakan pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, analisa dan perancangan, hasil dan pembahasan penelitian Tugas Akhir |
Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan |
|
https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/ |
1 |
17.25 |
|||||||||
11,12,13 |
Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin dalam mengerjakan penelitian atau tugas akhir serta Kemampuan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif pada tugas akhirnya |
Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil penelitian TA |
Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan |
|
https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/ |
1 |
42.25 |
|||||||||
14,15,16 |
Kemampuan memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya dan Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) pada penelitiannya serta Kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah |
Mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah mengenai penelitian Tugas Akhirnya |
Ketepatan menjelaskan dan mengimplementasikan |
|
https://sitak.teknik.unwahas.ac.id/ |
1 |
24.75 |
|||||||||
Total Bobot |
100 |
|||||||||||||||
|
UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS) |
|
|||
FAKULTAS FACULTY |
TEKNIK |
||||
PROGRAM STUDI STUDY PROGRAM |
TEKNIK INFORMATIKA |
||||
RENCANA ASESMEN ASSESMENT PLAN |
|||||
Nomer Dokumen Document Number FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022 |
Nomer Revisi Revision Number 0 |
Halaman Page - |
Tanggal Penyusunan Compilation Date 17-Feb-2025 |
||
Mata Kuliah Course |
Kode Code |
Rumpun MK Specialisation |
Bobot Credit |
Semester Semester |
||||||||||||
Tugas Akhir |
JTI 046 |
- |
6 Sks |
8 |
||||||||||||
Pengesahan Confirmation |
Dosen Pengembang RPS Lesson Plan Coordinator |
Koordintaor MK Coordinator |
Ketua Program Studi Head of Study Program |
|||||||||||||
(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
(Dr. Ir. Arief Hidayat, S.Kom., M.Kom) |
( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom ) |
||||||||||||||
NO |
Presensi |
Praktek |
Presentasi |
UTS |
UAS |
Tugas Kelompok |
Total Bobot |
|||||||||
1 |
CPMK011 - Mampu memahami nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) |
0 |
5 |
5 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
2 |
CPMK0111 - Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir |
0 |
5 |
5 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
3 |
CPMK0112 - Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk artikel ilmiah |
0 |
5 |
5 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
4 |
CPMK012 - Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah: tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (tegak lurus) dan tasammuh (toleran) |
0 |
5 |
5 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
5 |
CPMK061 - Mampu menganalisis dan merancang user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. |
0 |
10 |
0 |
0 |
0 |
5 |
15 |
||||||||
6 |
CPMK063 - Mampu mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif |
0 |
10 |
10 |
0 |
0 |
5 |
25 |
||||||||
Total Bobot | 100 |
Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Teknik penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.