UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

LESSON PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Kalkulus

JTI 067

-

3 Sks

3

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Sri Mulyo Bondan Respati, ST., MT)

 

(Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

CAPAIAN PEMBELAJARAN

LEARNING OBJECTIVES

CPL-Prodi yang dibebankan MK

Learning Objectives of Study Program Given to the Course

 

CPL02 (PENGETAHUAN)

Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi.

CPL05 (KETRAMPILAN KHUSUS)

Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.

CPL08 (SIKAP)

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

CPL10 (KETRAMPILAN UMUM)

Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Course Learning Objective

 

CPMK021 (CPL02)

Mampu memahami cara kerja sistem komputer

CPMK051 (CPL05)

Mampu menganalisis dan mendesain kebutuhan computing dengan benar.

CPMK081 (CPL08)

Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

CPMK101 (CPL10)

Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

CPMK102 (CPL10)

Mampu mengelola diri sendiri

CPMK103 (CPL10)

Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

 

SUB-CPMK0211 (CPMK021)

Kemampuan untuk memahami kalkulus pada sistem komputer

SUB-CPMK0511 (CPMK051)

Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk berbasis kalkulus dengan benar.

SUB-CPMK0811 (CPMK081)

Kemampuan untuk bertingkah laku menghargai nilai-nilai kemanusiaan dalam melakukan kegiatannya berdasarkan agama, moral, dan etika.

SUB-CPMK1011 (CPMK101)

Kemampuan mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi penentuan ilmu kalkulus dalam proyek teknologi informasi

SUB-CPMK1021 (CPMK102)

Kemampuan mengelola diri dalam menggunakan ilmu kalkulus

SUB-CPMK1031 (CPMK103)

Kemampuan menyajikan gagasan kalkulus secara lisan dan tertulis

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

CorrelationLearning Objective of The Course to Sub Course Learning Objective

 

Tuliskan peta matriks antara CPL dengan CPMK (Sub CP MK)

 

Diskripsi Singkat MK

Course Short Description

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa belajar tentang: Bilangan Riil meliputi bilangan rasional dan bilangan irrasional, pertidaksamaan linear, kuadrat, rasional dan mutlak. Grafik Fungsi yang meliputi koordinat kartesius dua dimensi dengan menggambar grafik fungsi linear, kuadrat, polynomial, sepotongsepotong. Selain itu menghitung jarak antara dua titik dan membuat persamaan garis melalui dua titik. Limit Fungsi Aljabar yang meliputi limit mendekati bilangan dan limit mendekati tak hingga4. Kontinuitas Fungsi yang meliputi syarat fungsi kontinu dan membuat fungsi menjadi kontinu. Differensial yang meliputi differensial ekspli. it dan implisit. Penerapan Differensial yang meliputi maksimum minimum, fungsi naik dan turun. Integral yang meliputi integral tentu dan integral tak tentu menggunakan teknik substitusi, parsial dan pecah rasional. Barisan dan Deret yang meliputi barisan dan deret berhingga, selang konvergensi, mencari rumus deret taylor dan deret maclaurint.

Bahan kajian:

Materi Pembelajaran

 

Study Material:

Learning Materials

Tuliskan materi / bahan kajian MK, secara rinci, dengan penulisan secara berurut

  1. Computational Science
  2. Discrete Structures

Pustaka

References

Utama

Main

 

Tuliskan referensi utama dalam susunan berurut

Pendukung

Supporting

 

Tuliskan Pustaka penunjang , dituliskan secara berurut


Dosen Pengampu

Lecturer

Dr. Sri Mulyo Bondan Respati, ST., MT

Mata Kuliah Syarat

Prerequisite

Minggu Ke

Week

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub Course Learning Objective

Penilaian

Assesment

Bentuk Pembelajaran;

Metode pembelajaran;

Penugasan Mahasiswa

Learning Form;

Learning Method;

Assignment;

Materi Pembelajaran

Learning Paltform

 

Bobot Penilaian

Scoring Weight

(%)

Indikator

Indicator

Kriteria

Criteria

(1)

(2)

(3)

(4)

Tatap Muka

Face To Face

(5)

Daring

Online

(6)

(7)

(8)

1-2

Kemampuan untuk memahami kalkulus pada sistem komputer

Mahasiswa dapat:
1. menjelaskan sistem bilangan real dan penerapannya;
2. menyelesaikan pertaksamaan bilangan real;
3. menyelesaikan pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

38.75

3-4

Kemampuan untuk memahami kalkulus pada sistem komputer

Mahasiswa mengetahui:
1. cara menentukan daerah asal dan daerah nilai suatu fungsi;
2. cara menggambar grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat;
3. perbedaan antara fungsi genap dan fungsi ganjil;
4. cara menggambar grafik fungsi dengan teknik pergeseran;

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

8.75

5-7

Kemampuan untuk memahami kalkulus pada sistem komputer

Mahasiswa mengetahui:
1. cara menentukan limit kiri dan limit kanan suatu fungsi’
2. cara menhitung nilai limit menggunakan sifat-sifat limit,
3. cara menghitung nilai limit fungsi trigonometri;
4. penggunaan teorema apit untuk menentukan nilai limit suatu fungsi;

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

7.50

9-10

Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk berbasis kalkulus dengan benar.

Mahasiswa mampu:
1. menentukan interval kekontinuan;
2. menentukan limit fungsi komposisi;
3. memeriksa kekontinuan fungsi komposisi;

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

4

10.00

11-12

Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk berbasis kalkulus dengan benar.

1. Mahasiswa dapat menentukan turunan dari jumlah fungsi, hasil kali fungsi, dan hasil bagi fungsi.
2. Mahasiswa dapat menentukan turunan fungsi trigonometri sederhana

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Discovery Learning, Small Group Discussion, Project Based Learning

elearning

4

20.00

13-14

Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk berbasis kalkulus dengan benar.

Mahasiswa memahami:
1. cara menghitung turunan suatu fungsi implicit;
2. cara menentukan persamaan garis singgung dan garis normal suatu fungsi di satu titik;

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

7.50

15-16

Kemampuan menganalisis dan mendesain solusi untuk berbasis kalkulus dengan benar.

Mahasiswa dapat menghitung integral tak tentu dari suatu fungsi dengan konsep anti turunan

Ketepatan dan penguasaan

  • Bentuk : Kuliah
  • Metode : Small Group Discussion

elearning

3

7.50

16

Ujian Akhir Semester

0.00

Total Bobot

100





UNIVERSITAS WAHID HASYIM(UNWAHAS)

 

 

FAKULTAS

FACULTY

TEKNIK

PROGRAM STUDI

STUDY PROGRAM

TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA ASESMEN

ASSESMENT PLAN

Nomer Dokumen

Document Number

FM-C.002/SPMI/UWH/IX/2022

Nomer Revisi

Revision Number

0

Halaman

Page

-

Tanggal Penyusunan

Compilation Date

01-Sep-2023

 

Mata Kuliah

Course

Kode

Code

Rumpun MK

Specialisation

Bobot

Credit

Semester

Semester

Kalkulus

JTI 067

-

3 Sks

3

Pengesahan

Confirmation

Dosen Pengembang RPS

Lesson Plan Coordinator

Koordintaor MK

Coordinator

Ketua Program Studi

Head of Study Program

 

(Dr. Sri Mulyo Bondan Respati, ST., MT)

 

(Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom)

 

( Fandy Indra Pratama, S.Kom., M.Kom )

NO

CPMK

Presensi

Praktek

Presentasi

UTS

UAS

Tugas Kelompok

Total Bobot
1

CPMK021 - Mampu memahami cara kerja sistem komputer

0

0

0

5

5

5

15

2

CPMK051 - Mampu menganalisis dan mendesain kebutuhan computing dengan benar.

0

10

0

10

10

5

35

3

CPMK081 - Mampu menginternalisasi nilai-nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

0

5

5

0

0

5

15

4

CPMK101 - Mampu mengelola tim, komunikasi dan berkolaborasi dalam proyek teknologi informasi

0

5

0

5

0

0

10

5

CPMK102 - Mampu mengelola diri sendiri

0

5

0

5

0

0

10

6

CPMK103 - Mampu menyajikan gagasan secara lisan dan tertulis

0

5

0

5

0

5

15

Total Bobot 100

 

Catatan sesuai dengan SN Dikti Permendikbud No 3/2020:

1.     Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.

2.     CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.

3.     CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.     Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

5.     Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

6.     Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.

7.     Teknik penilaian: tes dan non-tes.

8.     Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

9.     Metode Pembelajaran:Small Group Discussion,Role-Play & Simulation,Discovery Learning,Self-Directed Learning,Cooperative Learning,Collaborative Learning,Contextual Learning,Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.

10.  Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.

11.  Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.

12.  TM=Tatap Muka,PT=Penugasan Terstuktur,BM=Belajar Mandiri.